Breaking News

BANGUN KAMPUNG HALAMAN, PARNADOS GELAR KONSER AMAL “AEK SIBUNDONG IN HARMONY”

Jumpa Pers. Dari Kanan: Salmon Sihite, Thony Pasaribu dan Mega Mauro

Jakarta, (onlinekristen.com) – Teringat dan keinginan untuk membangun kampung halaman, Parsadaan Nahumaliang Doloksanggul (Parnados) akan menggelar Konser Amal “Aek Sibundong in Harmony” di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta, Sabtu Malam, 22 Oktober 2016.

Konser tersebut, menurut Ketua Panitia, Thony Pasaribu bertujuan untuk mempromosikan kekayaan sumber daya alam dan potensi wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), khususnya Kecamatan Doloksanggul.

“Kita ingin masyarakat Humbahas, khususnya Doloksanggul yang disebut orang sebagai daerah miskin di antara kampung orang Batak meningkat perekonomiannya. Caranya, kita mempromosikan dan memasarkan keunggulan hasil pertanian di sana seperti Petai, Jengkol, Rondang dan lainnya,” kata Thony dalam konperensi pers di Cafe Killynei, Gramedia Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (8/10/2016).

Untuk sektor pariwisata, kata Thony, terkait program pemerintah tentang destinasi pariwisata Danau Toba, Humbahas, khususnya wilayah Doloksanggul memiliki pemandangan dan tempat-tempat yang layak untuk dipromosikan.

“Pemandangan Danau Toba di Doloksanggul sangat indah. Dan jangan lupa, di sana ada Aek Sibundong yang terkenal dan ada lagunya,” jelasnya.

Diterangkan Thony, adapun konsep atau sesi dalam acara konser tersebut yakni; ajakan untuk pulang atau melihat kampung halaman lalu, bersatu, bersama-sama terpanggil untuk berbuat sesuatu yang berguna membangun kampung halaman, mengenang kembali masa-masa di kampung halaman untuk diceritakan ke generasi anak-cucu.

“Kita juga akan memberikan penghargaan (award) kepada tokoh yang selama ini memberikan kontribusi inspiratif dan juga berjuang untuk kemajuan masyarakat Humbahas,” jelas dia dalam pers realesenya.

Meski bertajuk Konser Amal, namun kata Thony, dalam acara tersebut tidak ada aksi penggalangan dana, baik berupa lelang maupun lainnya.

“Pengumpulan dana amal kita dapat dari penjualan tiket konser, sponsor dan donatur. dan dana yang terkumpul nantinya kita salurkan untuk membantu masyarakat Humbahas. misalnya dengan membuat Yayasan atau badan usaha yang bertujuan menampung dan memasarkan hasil alam Humbahas dan menstabilkan harga-harga kebutuhan di sana, semacam Bulog-lah,” jelas Thony.

Sementara itu, menurut Elgina Sihombing, yang merupakan panitia Ketua bidang Public Relation, tiket konser saat ini tinggal 20 persen yang belum terdistribusi.

“Kebanyakan tiket kelas VIP seharga 1 juta rupiah,” katanya.

Diketahui, dalam acara konser tersebut akan dimeriahkan oleh artis-artis batak terkenal yakni; Mega Mauro, Cassandra, Lea Simanjuntak, Trio RNB, Dompak Sinaga, Trio Tenor, Korem Sihombing, Erick Sihotang, Raden Simamora dan Nirwans Trio.

“Tidak ada aksi pencarian dana, jadi murni penampilan konser musik dan hiburan,” tutur Elgina.

Adapun yang spesial dalam konser tersebut adalah, dilaunchingnya lagu tema (Theme Song) peduli Humbahas yang berjudul “Pajero” ciptaan dan aransemen dari Mega Mauro. Lagu berirama riang dan semarak tersebut diiringi dengan musik khas Batak yang berkolaborasi dengan musik modern.

Kata Pajero dalam judul lagu itu sendiri singkatan dari Petai, Jengkol dan Rondang yang merupakan makanan khas dan unggulan dari Humbahas, khususnya Doloksanggul.

(Agus R Panjaitan)

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Translate »