Breaking News

“Berkarya Menuju FH UKI Hebat” Bergema Pada Dies Natalis Ke-60 FH UKI

ONLINEKRISTEN.COM, Slogan “Berkarya Menuju Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia Hebat” bergema dalam Puncak Perayaan Dies Natalis Ke-60 FH UKI yang digelar di Halaman Kampus UKI, Cawang, Jakarta, Jumat, 12 Oktober 2018.

Puncak Perayaan Dies Natalis kala itu dimulai dengan ibadah. Dilanjutkan dengan pemotongan kue dan Malam Kesenian dan Budaya yang menampilkan beragam tarian dari pelosok Indonesia, antara lain, Tarian Bali, Tarian Jawa dan Tarian Dayak.

Pada kesempatan itu juga, diluncurkan sekaligus diputar Film FH UKI dalam Lintasan Sejarah dan pemberian hadiah bagi para pemenang lomba olahraga yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Dies Natalis FH UKI Ke-60. Pun, diadakan pemberian penghargaan bagi dosen, karyawan dan mahasiswa berprestasi.

Acara yang berlangsung dari sore malam itu, menghadirkan artis ibukota Cornelia Agatha dan Merry Sibarani, keduanya alumni FH UKI, yang membawakan puisi. Juga, ada Trio East Voice, Silaen Sister dan Musik DJ serta stand up comedy.

Dekan FH UKI, Hulman Panjaitan, SH, MH, dalam sambutannya, mengatakan FH UKI yang telah berusia 60 tahun, tepatnya 15 Oktober 2018, telah menunjukkan jati dirinya sebagai institusi pendidikan tinggi dalam meningkatkan pembangunan nasional, khususnya bidang pendidikan.

“Juga, turut berkontribusi besar dalam memajukan industri pendidikan di tanah air melalui Tridarma Perguruan Tinggi, di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” tegas dia.

Kiprah para alumni dalam berbagai latar belakang pekerjaan dan profesinya, menurut Hulman, telah banyak memberikan sumbangsih pemikiran terhadap pembangunan bangsa dan negara melalui tugas pekerjaan dan profesi masing-masing.

“Tercatat saat ini tidak kurang dari 6000 alumni FH UKI yang tersebar diberbagai pekerjaan dan profesi yang patut dibanggakan dan menjadi kebanggaan Fakultas Hukum UKI sebagai almamaternya,” jelas dia

Pun, lanjut Hulman, FH UKI telah menetapkan visi dan misinya, “Menjadi program studi Ilmu Hukum yang unggul di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di kawasan Asia yang peka dan antisipatif terhadap segala perubahan dalam era globalisasi sesuai nilai-nilai Kristiani dan Pancasila pada tahun 2023”.

“Hal ini sesuai dengan visi UKI untuk menjadikan universitas unggulan di kawasan Asia pada tahun 2034 di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” urai dia.

Lebih jauh Hulman membeberkan berbagai upaya telah dilakukan untuk mencapai visi dan target tersebut. Jangka pendek lima tahun kedepan, ditargetkan akan mencapai akreditasi internasional, khususnya di tingkat Asia Tenggara.

“Sesuai dengan tagline yang selalu disampaikan Pak Rektor UKI yaitu UKI Hebat, maka tema Dies Natalis FH UKI kali ini adalah, ‘Berkarya Menuju FH UKI Hebat’. Mari Kita berkarya dan berkarya terus,” kata dia.

Terminologi yang disampaikan Rektor UKI, menurut Hulman, adalah prestasi. Tahun depan adalah tahun prestasi di UKI. Salah satunya adalah prestasi-prestasi yang diraih FH UKI dalam program-programnya.

“Saat ini dengan peringkat akreditasi A yang disandang FH UKI secara nasional menduduki peringkat 23 dan peringkat 8 di Lembaga Layanan DIKTI Wilayah III Jakarta sebagai Program Studi Unggulan yang ikut berkompetisi pada tahun 2015. Semuanya itu berkat dukungan yang luar biasa dari alumni,” tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Rektor UKI, Dr Dhaniswara K Harjono, SH, MH, MBA, yang mengucap syukur pada usia 60 tahun FH UKI tercatat sebagai program studi terbaik di UKI dengan skor 365 dan akreditasi A.

Sebagai alumni FH UKI, angkatan 1981, menurut Dhaniswara, kecintaannya kepada UKI dibuktikan ketika dia bersedia menjadi Ketua Umum Alumni UKI yang pertama dari alumni FH UKI. Juga, kini dirinya bersedia menjadi Rektor UKI yang pertama dari FH UKI.

“Saya cinta dengan FH UKI. Karena banyak yang saya dapatkan dari FH UKI maka saya banyak berhutang bagi FH UKI,” ujar dia.

“Kita harapkan UKI yang hebat. Sebab itu segala upaya kita lakukan dari kita oleh kita dan untuk kita. Selamat 60 tahun FH UKI, semakin hari semakin hebat dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” imbuh Dhaniswara.

Sementara Ketua Umum Ikatan Alumni FH UKI, Japto S Soerjosoemarno, SH, memberikan pesan kepada para mahasiswa FH UKI yang masif aktif agar tidak hanya menuntut ilmu di kampus, namun juga ikut terlibat dalam kegiatan intra dan ekstra kampus.

Juga, dia mengimbau pentingnya interaksi dan saling membantu antar alumni. Menurutnya, akan banyak alumni yang berperan jika dibukakan pintunya.

Japto berpesan kepada para mahasiswa FH UKI jika lulus nanti menjadi orang hukum yang jeli, menjadi problem solver, bukan jadi trouble maker.

“Saya tamatan UKI sampai kapanpun saya mengabdi untuk UKI. Karena UKI adalah salah satu jembatan saya untuk mengabdi kepada nusa dan bangsa melalui pendidikan yang saya dapat,” tandasnya.

(VIC)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »