Breaking News

HUT Emas Ke-50 PGIW DKI Jakarta: Selebrasi dengan Semangat Ugahari

Sebagai ungkapan syukur menyambut HUT Emas Ke-50 tahun, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) DKI Jakarta akan menampilkan serangkaian kegiatan unik dan menarik dan penuh sukacita.

Panitia Perayaan HUT Ke-50 PGIW DKI yang diketuai oleh Vanda Sarundayang SS dan sekretaris, Jojor Manalu ST, MT ini menggagas beberapa kegiatan yang diharapkan berdampak kepada semua elemen gereja dan masyarakat.

Adapun tema perayaan HUT Emas PGIW DKI Jakarta diambil dari tema lima tahun PGI yaitu “Tuhan Mengangkat Kita dari Samudera Raya” (Mazmur 71: 20b) dan Subtema: “Membarui, Membangun, dan Mempersatukan Gereja Menuju Perwujudan kesadaran lingkungan hidup dan Kesejahteraan Umat. Sementara Motto: “Membangun kebersamaan dan melampaui keutuhan.”

Jojor Manalu memaparkan perayaan HUT ini bukan hanya perayaan kelembagaan, namun diharapkan dapat menjadi momentum menggerakkan semangat berekumene di kalangan gereja dan jemaat serta umat Kristiani di Jakarta dan sekitarnya.

Bahkan lebih dari itu, PGIW DKI dapat memiliki citra baru sebagai persekutuan yang membangun kebersamaan di kota Jakarta.

“Diharapkan pula gerakan keesaan di Jakarta akan semakin dirasakan dan sekaligus membawa pencerahan bagi Pimpinan PGI tingkat regional serta seluruh warga gereja di Jakarta agar tetap memenuhi visinya menjadi gereja Kristen yang esa,” kata Jojor Manalu dalam jumpa pers di GMIST Bait Allah, Jakarta, (21/4).

Ketua Umum Panitia, Vanda Sarundayang SS menjelaskan HUT Emas PGIW DKI Ke-50 ini merupakan wujud kebersamaan gereja yang tergabung dalam PGIW DKI Jakarta.

Ditambah lagi, lanjut Vanda, HUT kali ini melibatkan berbagai umat beragama seperti dari Islam, Katolik, Budha, dan Hindu, dan Konghucu yang untuk ambil bagian dalam kegiatan selebrasi yang akan dilaksanakan pada bulan Juni yang akan datang.

“Kita lakukan selebrasi ini dengan sederhana dan tidak jorjoran namun kita ingin membangun kebersamaan,” kata Vanda Sarundayang yang juga Anggota DPR RI.

Dalam selebrasi ini juga, tambah dia, kita akan bangun isu tentang go green yang kaitannya dengan ramah lingkungan.

“Kita sepakat dalam rapat-rapat panitia akan meniadakan aqua gelas dalam rangka mendukung upaya eco green. Kita juga mencoba meminimalisir penggunaan plastik atau kertas atau tisu lainnya sebagai wujud nyata PGIW dan warga gereja DKI Jakarta dan sekitarnya untuk mengambil bagian dalam kampanye untuk cinta lingkungan,” tegas dia.

Sekretaris PGIW DKI Jakarta, Pdt Manuel Raintung, juga berharap perayaan HUT tahun ini dapat dirasakan oleh seluruh jemaat.

Perayaan HUT kali ini, menurut Raintung, ingin mengedepankan gerakan keesaan agar dapat dirasakan oleh seluruh lapisan gerejawi, dan bukan hanya di kelompok elit gereja atau mainstream gereja.

“Mestinya, acara HUT emas ini berlangsung selama satu tahun namun oleh karena menekankan semangat ugahari (konsep hidup sederhana) yang menjadi fokus PGI selama 5 tahun kedepan,” kata dia.

Raintung menambahkan Ibadah Syukur HUT Emas pada tanggal 3 Juni yang dibuka oleh empat pendeta (HKBP, ABBALOVE, GBI REM dan GKP) nanti akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Basuk Tjahaja Purnama, atau yang akrab disapa Ahok yang diberi kesempatan untuk menyampaikan salam ekumene.

Selain itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot S Hidayat juga diundang untuk hadir dalam selebarsi HUT PGIW pada tanggal 13 Juni.

Ketua Bidang 2, Albert Siagian menambahkan pesan HUT Emas PGIW ini menekankan pada dua hal yakni kesederhanaan dan go green.

“Hidup sederhana menjadi begitu penting manakala banyak sekali terdengar berita tentang kasus korupsi. Demikian halnya bagaimana kita tetap bersahabat dengan alam apalagi jika melihat realita penghancuran alam yang terjadi begitu masif dari hari ke hari,” tandas dia.

Adapun beberapa kegiatan sebagai berikut:

– Ibadah Syukur HUT Perjamuan Kudus Etnik Ekumenik Rabu 3 Juni 2015 di Gereja Yesus Kristus Tuhan (GYKT)/ABBA LOVE pukul 17.00-19.00.

– Ibadah perayaan berupa ibadah kolosal Kultural Lintas Iman sabtu 13 Juni 2015 di GOR Jakarta Utara Pkl 14.00-17.00

– Talk show prahara kerukunan. Narasumber Pdt Yewangoe, Dr Musda Mulia, Yenni Wahid, Prof Syafii Muhfid di Graha GBI, Jumat 5 Juni 2015, pkl 14.00-17.00.

– Variety Show “Gereja Sahabat Alam” Jumat, 12 Juni 2015 GKP Tanjung Barat, 14.00-17.00 dengan Keynote speaker Pdt Gomar Gultom, Ketua Walhi dan Pdt Evang Pua.

– Workshop Ibadah dan Kotbah Kreatif pada hari Sabtu, 6 Juni 2015 di Pouk Sunter, Jakarta.

– Oikumene Ekspo, pada hari Sabtu, 13 Juni 2015, Pkl 09.00-13.00

– Temu pendeta, Senin, 8 Juni 2015, Pkl 12.00-15.00 di GKPB MDC Wisma 76.

– Penerbitan Buku peringatan HUT Emas PGIW DKI Jakarta.

(VICTOR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Translate »