Breaking News

KETUM KNPI: “KERUKUNAN PINTU MASUK JAGA PLURALISME DI INDONESIA”

ONLINEKRISTEN.COM, JAKARTA – Kerukunan merupakan pintu masuk bagi seluruh bangsa Indonesia untuk menjaga dinamika pluralisme di Indonesia. Dan seluruh komponen bangsa, termasuk generasi muda, salah satunya melalui organisasi kepemudaan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia), punya peran strategis untuk menjaga dan merawat kerukunan.

“Sebagai generasi muda, kita mengapresiasi pekan kerukunan nasional yang digagas Pemda Sulut dan Wapres ini sebagai gerbang masuk bagi seluruh bangsa Indonesia untuk menjaga dinamika pluralisme Indonesia. Apalagi, kini maraknya ancaman media sosial yang bisa merusak semua tatanan kehidupan,” kata Ketua Umum KNPI, Muhammad Rifai Darus dalam pembukaan Pekan Kerukunan Nasional dan Global Christian Youth Conference di Hotel Sintesa Peninsula, Minggu, 23 April 2017.

Indonesia, lanjut Rifai, tengah kehilangan adanya pendidikan moral seperti diajarkan Pendidikan Moral Pancasila (PMP) di sekolah-sekolah pada masa lalu.

Sebab, menurut dia, pengamalan Pancasila turut menentukan terjadinya kerukunan beragama di negara yang telah merdeka lebih dari 71 tahun ini.

Rifai mengakui KNPI yang tengah dinahkodainya ini punya peran penting menjaga kerukunan terus-menerus.

“Masa depan kerukunan di negara ini juga ada ditangan pemuda. Karena itu kita turut menentukan masa depan Indonesia. Kita mesti mempersiapkan dan membentengi diri, pertama, dengan agama dan kemudian dengan pengamalan Pancasila,” ujar dia.

“Segenap komponen masyarakat masyarakat, termasuk pemuda harus bahu-membahu membangun Indonesia yang bhinneka,” tambah dia.

Terkait banjirnya kampanye SARA yang terjadi belakangan ini, terutama dalam Pilkada, Rifai menganggap bahwa kampanye SARA itu merupakan efek. Dan keberagaman di Indonesia terjadi acapkali karena adanya kepentingan.

“Kedepan, Saya berharap semua isu SARA dan anti kebhinnekan harus dijauhkan,” kata dia.

“Melalui acara Pekan Kerukunan Nasional yang diadakan saat ini, Saya melihat Sulut turut ambil andil menentukan nilai keberagaman di Indonesia,” tambah dia.

KNPI, menurut Rifai, satu-satunya organisasi di Indonesia yang sangat plural yang menginginkan keberagamaan.

“Salah satu organisasi yang merawat keberaragaman ya pasti KNPI, karena semua elemen ada di KNPI baik itu perwakilan agama, politik dan ormas,” urai dia.

“KNPI merupakan implementasi dari keberagaman di Indonesia. Sebab itu KNPI punya posisi strategis dalam rangka terus memajukan pluraslisme, nasionalisme dan kebangsaan di Indonesia,” tandas dia.

(OK-1)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Translate »