Breaking News

Paskah Nasional 2018 direncanakan di Kawasan Danau Toba, 12-15 April 2018

JAKARTA, ONLINEKRISTEN.com – Lembaga Paskah Nasional kembali akan menyelenggarakan Paskah Nasional yang Ke-14 pada tahun 2018 di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, pada tanggal 12-15 April 2018.

Ketua Lembaga Paskah Nasional, Pdt Dr Shepard Supit menjelaskan Paskah Nasional 2018 di Kawasan Danau Toba nanti mengambil tema, “Karya Terbesar” (Yoh 3:16) dan subtema: “Merawat Keutuhan Ciptaan-Nya”.

“Kegiatan pra Paskah yang akan dimulai dengan peluncuran Paskah Nasional 2018 di Jakarta dan direncanakan pada tanggal 5 atau 6 Februari 2018,” kata Shepard memaparkan kegiatan Paskah Nasional 2018 dihadapan Bupati Tobasa, Ir Darwin Siagian MSc, dalam rapat pertemuan di Gedung Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), Jakarta, Senin, 22 Januari 2018.

Setelah peluncuran, lanjut Shepard, digelar Kirab Obor Paskah Nasional dari Danau Tondano ke Danau Toba pada tanggal 5 Maret-15 April 2018.

Selain itu, kata dia, ada juga kegiatan aksi sosial bagi pengungsi Sinabung, ekumenikal visit (pada hari Minggu), seminar gerejani di kedelapan kabupaten, prosesi dan ibadah penjemputan obor Paskah di setiap kota yang dilalui, lomba tradisional, pemasangan obor mengitari Danau Toba (Rekor MURI), dan festival paduan suara.

Sesudah pembukaan Paskah Nasional di Sigulati/ Pangunguran, Kabupaten Samosir akan diselenggarakan juga KKR dan Simposium Paskah di Medan.

“Sedangkan perayaan dan ibadah Agung Paskah Nasional akan dilangsungkan di Balige, Tobasa,” kata dia.

Lebih jauh Shepard menerangkan pelaksanaan Paskah Nasional lahir dari Doa dan Fellowship beberapa Hamba Tuhan, dengan suatu kerinduan yaitu Yesus Kristus yang telah menjadi Tuhan melalui Kematian dan Kebangkitan-Nya diketahui dan diproklamirkan kepada masyarakat luas dan memiliki dampak bagi pewujudan transformasi bangsa.

Paskah Nasional I , diadakan tahun 2005 di Lapangan Tugu Monas Jakarta dengan Pembicara Pdt. Dr. Stephen Tong dan Pdt. Dr. Jacob Nahuway, yang dihadiri oleh ribuan jemaat dan Hamba-hamba Tuhan interdenominasi. Selanjutnya diadakan setiap tahun selama enam kali berturut-turut di kota Jakarta, secara Interdenominasi dengan semangat Oikoumene.

Terakhir pada tahun 2017,  Paskah Nasional XIII, diadakan di Manado, disertai dengan Konferensi Misi Global (Global Mission Conference) sekaligus memperingati 500 Tahun Reformasi (sejak tahun 1517 sampai saat ini tahun 2017) yang turut dihadiri oleh Pimpinan Dewan Gereja Dunia (World Council 0f Churches), Gereja-gereja dan Badan Misi baik dari dalam dan luar negeri.

(OK-1)

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »