Jelang Serah Terima Pengurus, digelar Deklarasi PIKI Kembali ke Salemba 10

Perwakilan para aktivis Kristen asal Salemba 10 yang mendeklarasikan PIKI Kembali ke Salemba 10 yang digelar di Sekretariat PP GMKI, Salemba Raya 10, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021). Dari kiri: Sandi Ebenezer Situngkir, Wahyuningtyas Woro, Evi Douren dan Penrad Siagian.
Perwakilan para aktivis Kristen asal Salemba 10 yang mendeklarasikan PIKI Kembali ke Salemba 10 yang digelar di Sekretariat PP GMKI, Salemba Raya 10, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021). Dari kiri: Sandi Ebenezer Situngkir, Wahyuningtyas Woro, Evi Douren dan Penrad Siagian.

OnlineKristen.com|| Jelang serah terima Kepengurusan DPP PIKI yang baru, digelar deklarasi Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) “Kembali ke Salemba 10” secara offline dan zoom di Sekretariat Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI), Salemba 10, Jakarta, Kamis, (3/6/2021).

Serah terima Kepengurusan DPP PIKI Masa Bakti 2015-2020, pimpinan Baktinendra Prawiro dan Audi Wuisang, kepada Pengurus DPP terpilih masa bakti 2020-2025, pimpinan Badikenita Putri Sitepu dan Audi Wuisang akan diadakan di Jakarta, Sabtu, (4/6/2021).

Deklarasi diadakan oleh perwakilan para aktivis Kristen asal Salemba 10 yang juga aktivis PIKI. Mereka menamakan dirinya, Presidium PIKI Kembali ke Salemba 10.



Baca juga: Jelang Kongres Ke-6, Dating Palembangan: PIKI dicintai dalam Pelayanan dan Karya

Salemba Raya 10, Jakarta Pusat, memang dikenal sebagai basis berdirinya dan bergeraknya lembaga keumatan Kristen. Diantaranya, Gerakan Siswa Kristen Indonesia (GSKI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI), Persatuan Petani Kristen Indonesia (Pertakin), Kesatuan Pekerja Kristen Indonesia (Kespekri), Lembaga Kebudayaan Kristen Indonesia (Lekrindo), Partai Kristen Indonesia (Parkindo) yang kini menjadi Partisipasi Kristen Indonesia (Parkindo), Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI), yang semua bernaung dan bersinergi dengan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI).

Didapuk untuk membacakan deklarasi adalah Wahyuningtyas Woro dan Sandi Ebenezer Situngkir. Selain itu hadir juga deklarator lainnya, Penrad Siagian, Evi Douren yang disaksikan secara zoom para kader aktivis Kristen Salemba 10.



Baca juga: PIKI: Intoleransi Alami Peningkatan, Rajutan Bhinneka Tunggal Ika Terancam Koyak

Berikut isi Deklarasi PIKI “Kembali Ke Salemba 10” tersebut:

Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia atau PIKI dari sejarahnya merupakan organisasi cendekiawan Kristen yang pertama kali dibentuk dan dilahirkan di Sekretariat Universitas Kristen Indonesia (UKI) di Jalan Diponegoro, Jakarta, pada tanggal 19 Desember 1963 oleh oleh J. C. T. Simorangkir, Drs. R. A. Sual dan Ir. C. H. Debataradja dari UKI dan Dr. Peter Sumbung, Dr. Killian Sihotang, Pontas Nasution, Dr. Hamonangan Hutabarat, Victor Matondang, M. B. Sianipar, T. Pasaribu, Prof. Dr. Manasse Mallo, dan Lucy Khouw dari GMKI.

Bahkan sejarah mencatat bahwa PIKI merupakan salah satu dari sembilan lembaga Kristen di Tanah Air yang dikenal dengan Wali Songo Kristen Indonesia.

Semenjak lahir PIKI telah menjadi rumah bagi para intelegensia Kristen untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara serta gerakan oikumene di Tanah Air. Para pemimpin PIKI dalam jaringan benang biru telah memberi warna dalam perjalanan Bangsa Indonesia, bersama para cendekiawan Kristen.



Baca juga: Webinar PIKI Bahas IA CEPA, Wamendag Jerry Sambuaga: “Bea Masuk Produk Indonesia ke Australia Jadi 0 Persen, Ini Sebuah Prestasi”

Namun jejak sejarah dan spirit dilahirkannya PIKI tidak tergambar lagi saat ini. Hasil Kongres PIKI yang berlangsung di Hotel Gran Melia, Jakarta, pada tanggal 10-11 April 2021 meninggalkan sejumlah kegelisahan dan kekhawatiran PIKI tidak lagi berada di jalurnya yang mengemban spirit benang biru sebagaimana sejarah kelahirannya.

Hal ini tergambar dari komposisi Pengurus PIKI Periode 2021-2024 yang beredar, yang tidak merepresentasikan warna gerakan Salemba 10.

Oleh karena itulah, hari ini kami mendeklarasikan Gerakan Mengembalikan PIKI ke Salemba 10 untuk mengembalikan ke spirit sejarah dibentuknya PIKI dalam benang biru pergerakan, dan selanjutnya membentuk PRESIDIUM yang mengkonsolidasikan kembali seluruh DPD dan DPC seluruh Indonesia dengan tetap dalam jaringan benang biru pergerakan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.