Jelang Kongres Ke-6, Dating Palembangan: PIKI dicintai dalam Pelayanan dan Karya

Jelang Kongres Ke-6, Dating Palembangan: PIKI dicintai dalam Pelayanan dan Karya
DATING PALEMBANGAN

Jelang Kongres Ke-6, Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (DPP PIKI) menggelar acara pemaparan Visi dan Misi Calon Ketua Umum PIKI secara zoom, Rabu, 7 April 2021.

Adapun Kongres Ke-6 PIKI nanti akan berlangsung pada hari Sabtu, 10 April 2021, baik secara offline dan online.

Beberapa calon ikut meramaikan dan memperkaya visi dan misi PIKI kedepan. Selain Ketua Umum DPP PIKI Baktinendra Prawiro turut memaparkan visi dan misinya, ikut juga Dating Palembangan SE Ak, MM, memberikan sumbangsih pemikiran berupa visi dan misi PIKI kedepan.

“Visi saya, terpanggil menjadi bagian penting dalam pengurus DPP PIKI lima tahun kedepan, adalah ‘PIKI dicintai dalam pelayanan dan karya’,” papar Dating Palembangan, SE Ak, MM, Ketua Umum DPP Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Periode 2007-2011.

Sementara Misi PIKI adalah “Internalisasi Program PIKI melalui kampus, organisasi keumatan, sinode dan aras gereja bagi bangsa dan kemanusiaan”.




Dating Palembangan melanjutkan visi dan misi tersebut diwujudnyatakan dalam program-program PIKI yang betul-betul terarah.

Pertama, program konsolidasi organisasi. DPP PIKI yang sudah ditata dengan begitu baik oleh pengurus periode sekarang, akan terus ditumbuhkembangkan.

Diantaranya, bagaimana semua anggota PIKI, mulai dari DPC, DPD dan DPP, yang berasal dari beragam profesi ini, bisa mempunyai nilai-nilai rasa memiliki organisasi PIKI yang sudah berdiri sejak 19 Desember 1963.

“Ketika nilai-nilai rasa memiliki organisasi PIKI itu terinternalisasi di setiap insan anggota PIKI maka PIKI akan dicintai. Otomatis mereka akan ikhlas melibatkan diri dalam pergerakan pelayanan PIKI kedepan,” tutur Mantan Aktivis Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Makassar ini.




Lalu, lanjut Dating Palembangan, PIKI perlu bersinergi dengan perguruan tinggi (kampus).

“Kita harus kembali ke khittah bahwa PIKI adalah organisasi intelektual Kristen yang berbasis pada perguruan tinggi atau kampus. Sebab itu, peran PIKI bersinergi dengan perguruan tinggi menjadi begitu penting, baik perguruan tinggi yang berlatar belakang Kristen maupun perguruan tinggi lainnya,” ujar Mantan Anggota Majelis Pemuda Indonesia KNPI.

Bentuk sinergi yang dilakukan dengan perguruan tinggi tersebut, lanjut Dating Palembangan, adalah bagaimana menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada para mahasiswa.

“Nilai-nilai kebangsaan yang universal ini perlu ditanamkan kepada para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa,” tegasnya.




Berikutnya, kata Dating Palembangan, PIKI perlu membangun sinergi dengan organisasi keumatan dan organisasi intelektual agama lainnya.

Organisasi keumatan seperti PBNU, Muhammadiyah, PGI, KWI, PHDI, Permabudi dan Matakin. Sedangkan organisasi intelektual keagamaan seperti ISNU, ICMI, ISKA, KCBI dan ICHI.

“Kita mesti bersinergi dengan mereka. Agar bisa bersama-sama berkontribusi bagi bangsa dan negara dengan melibatkan diri melalui pembangunan karakter wawasan kebangsaan yang selaras dengan tujuan didirikannya PIKI,” kata Majelis Gereja Toraja, Jatiwaringin, Jakarta Timur ini.

Juga, kata Dating Palembangan, tak kalah penting bersinergi dengan sinode dan aras gereja. Sejatinya, PIKI lahir dari pergumulan PGI. Seiring perjalanan waktu, aras gereja terus berkembang.

“Disinilah PIKI perlu hadir sebagai katalisator dengan membangun kerja sama dengan semua sinode dan aras gereja sehingga gerakan oikumene itu semakin terkonsolidasi dengan baik,” jelas dia.




Dating Palembangan juga berharap PIKI perlu berkontribusi dan berkarya untuk kemajuan negara dan bangsa ini untuk kemanusiaan.

“Peran PIKI selalu diharapkan memberikan kontribusi konstruktif dan menjadi bagian dalam pembangunan dengan memberikan solusi terbaik kepada pemerintah,” ujarnya.

“Jadi, PIKI tidak dalam posisi sebagai oposan terhadap pemerintah, namun bagaimana menjadi pembawa solusi dan pencerahan,” imbuh Dating Palembangan.

Ia mencontohkan pembangunan di negara ini masih terus berjalan. Namun harus disadari, dibalik kemajuan masih ada ketertinggalan.

“Disinilah peran para inteligensia PIKI hadir dengan memberikan solusi konstruktif untuk memajukan ketertinggalan pembangunan tersebut,” urai dia.




“Saya yakin jika PIKI melibatkan diri turut memajukan seluruh komponen anak bangsa yang masih membutuhkan perhatian yang terjadi di negeri ini, maka PIKI akan dicintai dalam pelayanan dan karyanya,” tegas Dating Palembangan.

Terkait periodisasi kepemimpinan di PIKI, Dating Palembangan berharap Ketua Umum DPP PIKI Baktinendra Prawiro masih tetap melanjutkan kepemimpinan PIKI untuk lima tahun kedepan.

“Mas Baktinendra Prawiro masih sangat dibutuhkan dalam rangka semakin memperkuat konsolidasi organisasi ini. Dan Saya siap mendukung penuh untuk menjadi Sekretaris Umum DPP PIKI kedepan,” tutupnya.

(VIC)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.