Breaking News

Sampaikan Hasil Sidang Raya XVII PGI Kepada Menteri Agama, PGI Singgung Perdagangan Manusia dan Stunting di Sumba

“Sayangnya tidak sedikit yang kembali dalam kondisi tak bernyawa. Bahkan sebagian menjadi korban perdagangan manusia (human trafficking)

Ketua Umum PGI Terpilih 2019-2024 Pdt Gomar Gultom (Kiri) dan Menteri Agama Fachrul Razi di Kantor Kementerian Agama RI, Jakarta, 22 November 2019

OnlineKristen.Com – Dihadapan Menteri Agama RI Fachrul Razi, Majelis Pengurus Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPH PGI) menyampaikan berbagai isu hangat dalam ajang Sidang Raya XVII yang berlangsung di Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, 8-13 November 2019.

BACA JUGA: Bertemu Menteri Agama, PGI Sampaikan Aspirasi Gereja HKI Juanda Yang Terancam Digusur    

“Termasuk isu Sumba sebagai lokasi persidangan yang perlu mendapat perhatian karena kondisi alam yang tandus namun punya potensi pariwisata yang luar biasa,” jelas Sekretaris Umum PGI, Pdt Gomar Gultom, kepada Menteri Agama Fachrul Razi di Ruang Kantor Kementerian Agama RI, Jakarta, 22 November 2019, dalam siaran persnya kepada Redaksi OnlineKristen.Com




Kondisi alam ini, menurut Gomar yang menjadi Ketua Umum PGI Terpilih Periode 2019-2024, mengakibatkan warga memilih keluar dari Sumba dan menjadi pekerja migran. 

MPH PGI bertemu dengan Menteri Agama RI Fachrul Razi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, 22 November 2019

“Sayangnya tidak sedikit yang kembali dalam kondisi tak bernyawa. Bahkan sebagian menjadi korban perdagangan manusia (human trafficking),” tegas dia. 

BACA JUGA: Pdt Gomar Gultom Terpilih Jadi Ketua Umum PGI 

Juga, Gomar membeberkan angka stunting yang sangat tinggi di Indonesia termasuk di Sumba, sudah melebihi batas yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO). 




“Sebab itu, peran gereja-gereja menjadi begitu penting dalam mengatasi persoalan ini,” imbuh dia.

Merespon isu tersebut, Menteri Agama Fachrul Razi menyambut antusias lantaran Presiden Jokowi juga menaruh perhatian serius terhadap persoalan stunting, yang menjadi kekhawatiran bersama akan masa depan generasi Indonesia.  

BACA JUGA: Buka Sidang Raya XVII PGI, Menteri Hukum dan HAM: Gereja Galang Kekuatan SDM Hadapi Revolusi 4.0

Karena itu,Fachrul Razi menekankan pentingnya bimbingan perkawinan agar pasangan yang menikah mengetahui sejak awal apa yang dilakukan untuk mencegah stunting



Hal lain yang dibicarakan adalah keinginan Menag menghadiri kegiatan-kegiatan umat Kristen termasuk Natal Nasional yang akan diselenggarakan di Sentul, Bogor, pada 28 Desember 2019, dan meminta PGI menghimbau umat menghadiri Natal tersebut.

BACA JUGA: SAA Ke-35 PGI Bahas Isu Krusial ‘Agama dan Warga Negara yang Terpinggirkan Pada Kepemimpinan Baru Indonesia’

Pada kesempatan itu juga Pdt Gomar Gultom, mewakili MPH PGI, menyerahkan dokumen hasil Sidang Raya XVII PGI kepada Menteri Agama Fachrul Razi. 

“Kami berharap Bapak Menteri Agama juga bisa hadir dalam acara serah terima MPH PGI terpilih Periode 2019-2024 yang akan diadakan di Grha Oikumene PGI, Salemba, Jakarta, 12 Desember 2019,” tambah Gomar kepada Fachrul Razi.




Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury dan  Sekretaris Menteri Agama, Khoirul Huda Basyir. 

BACA JUGA: Sikap PGI Terkait Ditolaknya Warga Non Muslim di Dusun Karet, Yogyakarta

Sedangkan dari PGI, selain Gomar Gultom, turut hadir Ari Moningka (Wakil Bendahara), Pdt Jimmy Sormin (Departemen Kesaksian dan Keutuhan Ciptaan), Ronald Tapilatu (Biro Papua), Irma Riana Simanjuntak (Yakoma/Humas), Angel Sambow (Sekretariat), dan Markus Saragih (Tim Media).

(VICTOR)

 

 

KRISTEN TV

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
error: Content is protected !!
UA-102499644-1
%d blogger menyukai ini: