Breaking News

INDAHNYA KEBERSAMAAN DI DEKLARASI KEBANGSAAN RELAWAN NKRI

Deklarasi NKRI di Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu, 12 November 2016

Jakarta, (onlinekristen.com)- Deklarasi Kebangsaan dilakukan sejumlah anak bangsa yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta, Sabtu (12/11/2016).

Dalam deklarasi yang membentuk Relawan NKRI tersebut diprakarsai M Yamin (Seknas Jokowi), Hendrik Sirait (Ketua Panitia pelaksana) Veldy Reynold, Yayong Waryono, Silver Matunina (Ketua Relawan NKRI), Osmar Tanjung, Birgaldo, Masinton Pasaribu, Enbun Marufah dan Dedy Mawardi.

Tergabung dalam relawan NKRI tersebut sejumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) nasionalis. Deklarasi Relawan NKRI, menurut M.Yamin dibentuk karena belakangan ini ada sekelompok orang yang ingin memecah belah bangsa dan yang ingin mengganti idiologi Pancasila dengan ideologi lainnya.

“Ada yang karena nafsu kekuasaan mau memecahbelah bangsa ” kata Yamin dalam orasi politiknya.

Deklarasi yang dihadiri sedikitnya 3000 massa tersebut merupakan wujud kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Yamin, Republik Indonesia tidak boleh dibiarkan dikoyak-koyak oleh kelompok tertentu. Sebab jika dibiarkan kondisi demikian akan semakin menjauhkan semangat persaudaraan dan gotong-royong. Apalagi, semua pihak menyadari bahwa pembangunan bangsa membutuhkan semangat kebersamaan.

“Tidak boleh jatuh dalam kekakuan relasi kebangsaan. Tidak boleh kita biarkan hubungan sesama kita anak bangsa saling memunggungi. Membeku lalu retak hancur berkeping-keping,” jelasnya.

Disampaikan pula bahwa Deklarasi Kebangsaan Relawan NKRI yang dihadiri perwakilan tokoh adat dan tokoh masyarakat dari berbagai daerah akan bersama-sama mengucapkan Ikrar Kesetiaan yang berisi tiga poin.

Relawan NKRI lainnya Veldy Reynold dan Yayong Waryono mengungkapkan bahwa ketiga Ikrar Kesetiaan itu adalah pertama Kami Relawan NKRI berjanji untuk tetap setia dan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945.

Kedua, Kami Relawan NKRI berjanji untuk tetap setia dan berpegang teguh pada NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Ketiga, Kami Relawan NKRI berjanji untuk tetap setia kepada Presiden Republik Indonesia sebagai simbol negara serta menolak setiap upaya aktor-aktor politik yang mencoba menjatuhkan pemerintahan yang sah,” kata Veldy yang juga salah seorang deklarator dalam orasinya.

(Penulis: ARP)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Translate ยป