21 Tokoh Kristiani Inspiratif 2023 Pilihan Majalah Narwastu, Ini Nama-Namanya

21 Tokoh Kristiani Inspiratif 2023 Pilihan Majalah Narwastu
Pemberian Penghargaan kepada 21 Tokoh Kristiani Inspiratif 2023 Pilihan Majalah Narwastu kembali digelar di Sopo Marpingkir HKBP, Jakarta, Jumat (12/1/2024).

OnlineKristen.com  Sebanyak 21 Tokoh Kristiani Inspiratif 2023 Pilihan Majalah Narwastu dan Caleg-caleg Kristiani kembali digelar yang diadakan di Sopo Marpingkir HKBP, Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Sebelumnya, diadakan Syukur Ibadah Natal dan Tahun Baru 2024 dengan Pelayan Firman dibawakan Pdt DR Nus Reimas dan dipandu oleh Dr Tema Adiputera dan Manria Purba.

Dalam kotbahnya yang terambil dari Lukas 2: 8-14, Pdt Nus Reimas menjelaskan pertanyaan yang acapkali muncul yaitu mengapa diadakan Perayaan Natal setiap tahun?

“Karena DIA (Yesus Kristus) hidup,” tegas dia.


Menurut Pdt Nus Reimas, ada tiga makna penting adanya perayaan Natal, lahirnya Yesus Kristus ke dunia ini.

“Pertama, celebrations (sebagai perayaan). Kedua, salvation (kedatanganNya untuk menyelamatkan). Ketiga, conciliation (ada perdamaian antara Allah dan manusia),” urainya.

Jadi Natal itu bukan sekedar perayaan, tapi dari tempat yang hina di kandang domba, Yesus Kristus membawa ‘sampah’ ke Golgota untuk menyempurnakan kehidupan kita. Di Kayu Salib Yesus berseru semua telah selesai (sempurna),” pungkas Pdt Nus.

Usah ibadah Natal diadakan pemberian penghargaan kepada 21 Tokoh Kristiani Inspiratif 2023 Pilihan Majalah Narwastu. Juga, para caleg Kristiani yang berkesempatan hadir saat itu didoakan langsung oleh para pendeta yang dipimpin oleh Pdt Nus Reimas.


Penasehat Majalah Narwastu Dr Jose TP Silitonga, SH, MA, mengkritisi persaingan para caleg saat ini begitu ketat yang banyak dihiasi oleh caleg berwajah milenial.

“Ini (Pilpres dan Pileg 2024) akan terjadi ‘peperangan’ luar biasa. Bukan perang secara fisik tapi secara jargon. Semisal adanya perang baliho yang diturunkan dan lain lain,” kata Jose Silitonga dalam jumpa pers jelang Ibadah Natal dan Tahun Baru 2024 Majalah Narwastu.

“Sebetulnya itu bentuk ketakutan mereka yang tidak dewasa dalam berdemokrasi. Kalau kita maju ke medan perang, kita mestinya siap kalah. Tapi di Indonesia banyak orang ‘tidak pernah siap kalah’. Maunya siap menang saja,” pungkasnya.


Pemimpin Umum yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Narwastu, Jonro I Munthe, SSos, mengutarakan Majalah Narwastu setiap akhir tahun memberikan penghargaan “21 Tokoh Kristiani Inspiratif Pilihan Majalah Narwastu.”

“Tim Redaksi Narwastu telah menilai ke 21 Tokoh Kristiani Inspiratif ini merupakan figur inspiratif, religius, mampu memotivasi, berjiwa melayani, Pancasilais dan peduli pada permasalahan gereja dan masyarakat,” jelasnya.

Ke-21 figur ini pun, lanjut Jonro, diseleksi Tim Redaksi Narwastu dari 85 sosok Kristiani yang pernah dipublikasikan Majalah Narwastu, termasuk di portal Narwastu.id. dan podcast Majalah Narwastu.


Perlu dicatat, ujar dia, figur terpilih itu ada berlatar belakang rohaniwan, akademisi, pakar hukum, komisaris BUMN, wakil rakyat, pimpinan gereja (Teolog), aktivis gereja, pekerja seni, motivator, mantan pejabat, purnawirawan TNI, pengusaha dan pimpinan ormas Kristen.

“Majalah Narwastu menilai mereka adalah sosok-sosok berpengaruh dan bisa menjadi teladan atau menginspirasi di tengah masyarakat,” urai lulusan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Jakarta dan alumni Lembaga Pendidikan Pers Doktor Soetomo (LPPDS) Jakarta ini.

“Kami tampilkan figur-figur-figur itu, karena mereka dikenal karena aktivitasnya yang menginspirasi. Menginspirasi di sini artinya bisa mengilhami atau jadi teladan bagi banyak orang. Mereka pun punya ide-ide atau pemikiran-pemikiran yang inovatif, mencerahkan, bahkan kontroversial, sehingga tak jarang jadi pembicaraan publik atau pemberitaan di media,” beber peraih award sebagai ‘Jurnalis Muda Motivator 2009’ dari Majelis Pers Indonesia.


Menurut Jonro, para tokoh Kristiani yang ditampilkan ini, merupakan sosok yang pernah muncul dalam pemberitaan Narwastu.

“Mereka pernah ‘membuat berita’ atas kiprah atau kegiatannya yang positif. Ke-21 tokoh ini bukanlah figur yang sempurna, karena mereka pun manusia biasa. Kami menilai mereka insan-insan Indonesia yang ikut membangun peradaban di tengah masyarakat dan bisa menularkan nilai-nilai kebaikan atau hal-hal positif pada sesama. Dan ke-21 tokoh ini sudah kami seleksi sejak Juli 2023 lalu, dan profil singkat yang dipublikasikan ini merupakan apresiasi kami sebagai insan media bagi mereka di akhir tahun 2023,” paparnya.

Adapun ke-21 tokoh Kristiani 2023 pilihan Majalah Narwastu yakni (1) Pdt Dr Henriette T Lebang, MA, (2) Dr Disiplin F Manao, SH, DTh, (3) Dr Jeane Marie Tulung, STh, MPd, (4) Lily Amelia Salurapa, SE, MM, (5) Mayjen TNI (Purn) Karev Bakti Nusa Marpaung, SSos, MM, (6) Dr Drs Eddy Ramon Torong, SH, MM, (7) Egusem Pieter Tahun, ST, MM, (8) Dr Minola Sebayang, SH, MH, (9) Dr Nelson Simanjuntak, SH, MSi, (10) Pdt Richard Bambang Jonan, (11) St Edison Manurung, SH, MM, (12) Martin Lukas Simanjuntak, SH, (13) Emawaty Tampubolon, ST, MTh, (14) Darman Saidi Siahaan, SH, MH, (15) Devi Taurisa, SH, MH, (16) Pdt Andris Parengka, SPd, MDiv, (17) Pdt Richard Manawan, (18) Pdt DR Nus M Liur, MTh, CBC, (19) Ribka Karwur, (20) Dr.Taufan Hunneman, SH, MH, dan (21) Choky Sitohang.

(Vic)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.