Terkait Surat Edaran Wajibkan Siswa SDN Cikini 02 Pakai Baju Muslim, Guru: Kesalahan Redaksional

siswa dipaksa pakaian muslim
Suasana-SDN 02 Cikini, Jakarta

OnlineKristen.com | Surat Edaran (SE) yang mewajibkan siswa SDN Cikini 02 Jakarta mengenakan pakaian Muslim selama bulan Ramadhan sempat beredar di media sosial.

Dari foto SE bernomor 072/1/.851.422/IV/2022, seperti dilansir Kompas.com, pada poin kelima tertulis, seluruh siswa menggunakan baju Muslim setiap hari selama bulan suci Ramadhan.

Ketua PTM SDN Cikini 02 Jakarta Pusat, Ikin Waskin menegaskan, terdapat kesalahan pengetikan atau redaksional kalimat pada surat tersebut.

“Kesalahan redaksi kami, sebenarnya bukan semua murid, tapi murid yang muslim saja pakai pakaian Muslim,” kata Ikin, kepada wartawan, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: SETARA: Jangan Ada Pemaksaan Jilbab, Terapkan Protokol Kebhinekaan di Sekolah Negeri





Hal senada diungkapkan oleh guru kelas 6 SDN Cikini 02 Jakarta, Erina. Ia mengungkapkan bahwa ada kesalahan pengetikan dalam surat edaran.

“Iya itu kesalahan redaksi. Ini sekolah besar kegiatannya banyak, pada saat membuat catatan untuk diketik ke operator banyak yang dia satukan,” kata Erina.

Erina menuturkan, kesalahan dalam pengetikan tersebut merupakan hal yang manusiawi, sebab banyaknya kegiatan pada bulan Ramadhan membuat sejumlah guru lengah.

“Mungkin saat buat itu ketikan atau coretan ada kesalahan dan kita sebagai guru tidak mengoreksi. Kita sebagai guru juga banyak kegiatannya,” ungkapnya.





Erina menegaskan bahwa di SD tempatnya mengajar tidak ada tindakan diskriminatif. “Insya Allah di sini kita toleran, enggak ada non-muslim yang didiskriminasi dan kita sudah membuat aturan yang baru,” katanya.

Sementara itu, Kepala Subbagian Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja mengatakan telah memberikan teguran kepada pihak sekolah terkait SE yang telah beredar itu.

“Kepseknya sudah diberikan pembinaan,” kata Taga.




Lebih lanjut, Taga mengatakan bahwa pihak SDN Cikini 02 Jakarta Pusat telah membuat SE yang baru. “Pihak sekolah sudah membuat perbaikan surat edaran,” ungkapnya.

(VIC)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.