Ini Agama Terbesar di Dunia 2021, Jumlah Atheis Cukup Menggemparkan

Ini Agama Terbesar di Dunia 2021, Jumlah Atheis Cukup Menggemparkan
Ini Agama Terbesar di Dunia 2021, Jumlah Atheis Cukup Menggemparkan

Lebih dari empat ribu agama tersebar di seluruh dunia dengan jumlah pengikut yang tidak sedikit. Agama didefinisikan sebagai sistem kepercayaan atau pemujaan pada kekuatan yang lebih tinggi.

Dikutip dari World Population Review, orang yang beragama percaya selalu ada yang lebih kuat, seperti Tuhan atau dewa-dewa. Kepercayaan bergantung pada agama yang dianut.

“Agama adalah sistem organisasi, tingkah laku, kepercayaan, pandangan pada dunia, pemikiran yang ditulis, tempat suci, perkiraan, etika dan moral. Dalam pandangan masyarakat umum, agama merujuk pada ketuhanan, sesuatu yang suci, atau spiritual,” tulis situs tersebut.


Baca juga: Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury: Ketersediaan Guru Agama Kristen Masih Sangat Terbatas

Sekitar 85 persen identifikasi dunia dilakukan lewat agama. Kristen menjadi agama paling populer yang diikuti 33 persen dari total populasi dunia. Selanjutnya adalah Islam yang dipraktikkan 24 persen populasi dunia

Data World Population Review juga menyatakan, ada 1,2 miliar orang di dunia yang tidak menganut agama. Mereka juga memilih atheis yang dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Agama terbesar di dunia 2021

Daftar ini bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kondisi tiap orang. Berikut agama terbesar di dunia tahun 2021:


Baca juga: PGI Minta Polisi Bersikap Adil Terkait Soal Penghinaan Agama

1. Kristen

Agama paling besar di dunia 2021 adalah kristen yang dipraktikkan hampir 2,4 miliar orang. World Population Review menjelaskan, kristen dibagi menjadi teologi barat dan timur.

Selain dua divisi, Kristen memiliki enam cabang yang dipilih tiap penganut agama ini. Cabang kristen adalah Catholicism, Protestantism, Eastern Orthodoxy, Anglicanism, Oriental Orthodoxy, dan Assyrians.

Jumlah penganut Kristen di negara berikut sedikitnya mencapai 93 persen. Negara ini adalah:

Kepulauan Samoa
Armenia
Barbados
Timor Timur
El Salvador
Yunani
Kiribati
Malta, Marshall Islands, Micronesia
Papua New Guinea, Paraguay, Peru
Romania
Samoa, San Marino
Tonga
Venezuela


Baca juga: GAMKI: Libatkan Tokoh Agama dan Adat yang Paham Konteks Persoalan Papua Berdasarkan Injil Kristus Sebagai Local Wisdom

2. Islam

Agama paling besar kedua adalah Islam yang penganutnya disebut muslim. Jumlah muslim di Maldives, Mauritania, dan Arab Saudi mencapai 100 persen yang artinya seluruh penduduk beragama Islam.

Selain 100 persen, ada 13 negara dengan jumlah muslim mencapai 95 persen dari total penduduk. Muslim dalam tulisan ini merujuk pada sunni dan syiah. Berikut nama negara tersebut:

Afghanistan, Algeria
Comoros
Iran, Irak
Kuwait
Libya
Maroko
Pakistan
Somalia, Sudan
Tunisia, Turki
Yaman.
Data juga mencatat 50 negara dengan mayoritas penduduknya adalah muslim. Mayoritas mengindikasikan jumlah populasi muslim mencapai 50 persen dari total penduduk.


Baca juga: PGI Dukung SKB 3 Menteri Soal Seragam Sekolah, Pdt Jacky Manuputty: Negara Ini Berdiri Bukan Berdasarkan Agama

3. Hindu

Agama Hindu ternyata menjadi yang ketiga terbesar di seluruh dunia. Hindu yang berasal dari subkontinen India dipertimbangkan sebagai darma atau cara hidup. Hindu menyebar ke seluruh dunia melalui Asia Tenggara.

Empat bagian utama Hindu adalah Vaishnavism, Shaivism, Shaktism, dan Smartism. Jumlah penganut Hindu paling besar ada di India yang mencapai 1,053 miliar. Selanjutnya adalah Nepal dengan rasio mencapai 81,3 persen.

Negara dengan jumlah umat Hindu tertinggi lainnya adalah:

Bangladesh
Indonesia
Pakistan
Sri Lanka
Amerika
Malaysia
Inggris
Mauritius.


Baca juga: UPF Gelar World Interfaith Harmony Week, Guna Turut Jaga Kerukunan Antar Agama dalam Semangat Bhinneka Tunggal Ika  

4. Buddha

Agama Buddha berasal dari India berdasarkan ajaran Sang Buddha. Agama ini memiliki tradisi, nilai, dan kepercayaan yang unik misal reinkarnasi. Buddha dianut sekitar 507 juta orang di seluruh dunia.

China memiliki jumlah umat Buddha paling banyak di dunia mencapai 244 juta. Selanjutnya adalah Thailand dengan 64,4 juta dan Jepang sebanyak 45,8 juta.

Untuk persentase penganut Buddha, Kamboja memiliki jumlah tertinggi mencapai 96,9 persen. Kamboja diikuti Thailand sebanyak 93,2 persen dan Myanmar yang mencapai 87,9 persen.


5. Agama lainnya

Di beberapa negara lain, agama tradisional China masih dipraktikkan para penganutnya. Agama tradisional Konfusianisme dan Taoisme dipraktikkan di negara berikut:

China
Hong Kong
Makau
Taiwan.
Agama tradisi atau asli wilayah tersebut juga dipraktikkan di beberapa negara lainnya. Misalnya di Guinea-Bissau dan Haiti dengan jumlah penganut mencapai 50 persen.


Beberapa negara lain yang masih mempraktekkan agama indigenous adalah:

Benin
Burundi
Kamerun
Pantai Gading
Sudan
Togo.
Baca juga:
Dalil Asmaul Husna dalam Al Quran dan Hadits, Ini Penjelasannya
Masyarakat di beberapa negara ada yang memilih tidak menganut agama tertentu atau ateis. Mereka yang memilih atheis paling banyak terlihat di Estonia, Republik Ceko, dan Jepang dengan jumlah mencapai 75 persen populasi.


Negara lain dengan jumlah ateis paling banyak adalah:

Denmark
Prancis
Hong Kong
Makau
Norwegia
Swedia
Vietnam.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.