Membuka Citra Allah, Saatnya Menjadi ‘Dokter Pribadi’ Lewat Terapi Relaksasi

Firman Tuhan yang berkata, "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tapi semangat yang patah merapuhkan tulang". Andreas FK menambahkan, "Yakinlah, kesembuhan akan jadi milik kita. Ketika keyakinan muncul, maka kesembuhan pun terjadi. Hanya dibutuhkan keyakinan baik kepada Tuhan dan diri sendiri, pemulihan pasti terjadi".

Foto Caption: Dr. Andreas FK (kanan) saat mengikuti pelatihan di USA

OnlineKristen.com | Segambar dan secitra dengan Allah adalah esensi hidup manusia. Bukan persoalan rupa, namun manusia diberikan kemampuan lebih oleh Allah, salah satunya untuk menyembuhkan dan keluar dari berbagai persoalan hidup yang menjerat. Tapi terkadang manusia tidak menyadari akan hal ini.

Berangkat dari pemahaman ini ditambah pengalaman hidupnya, Dr. Andreas FK, CMPp., mencoba berbagi dengan banyak orang melalui terapi yang dikenal dengan Power of powerless – Healing Deep Relaxation.

Terapi yang sudah ia jalani puluhan tahun ini tidak saja membawa kesembuhan, tapi juga memberi kelegaan bagi mereka yang berbeban berat dan mengalami persoalan hidup. Bahkan, mereka yang ingin sukses pun bisa diawali dengan terapi ini.


Andreas FK menyadari ada sebuah kekuatan dalam diri manusia yang sanggup mengubah hidup. Itu dialaminya ketika mengalami sakit jantung, puluhan tahun silam. Saat itu, ia sampai harus dilarikan oleh stafnya ke RS MMC, Kuningan, Jakarta. “Sesak nafasnya luar biasa,” kata Andreas FK saat memberi kesaksian, beberapa waktu lalu.

Dr. Andreas FK (berdiri) saat memberikan training

Ditengah sesak nafas dan sakit yang menyerang, ia mendengar suara di telinganya, “Mintalah maka akan diberi. Ketuklah, maka pintu akan dibukakan”. Sontak ia memegang dadanya sembari berucap dengan keyakinan penuh, “Ya Tuhan Yesus, tolong sembuhkan saya”.

Seketika ia merasa ada rasa damai dalam hatinya. Bak disiram air sejuk, bagian jantung yang tadinya sakit berangsur membaik dan nafaspun normal kembali.


Setelah rehat beberapa saat, ia pun merasa pulih. Sakit di dadanya hilang dan ia pun bisa kembali ke kantornya. Bahkan, obat-obat yang ia peroleh pun tidak dikonsumsi karena setelah diperiksa dirinya sudah benar-benar sehat.

Dr. Andreas FK (kiri) bersama Emak Erni (88 tahun) peserta training tertua

Sadar akan pengalaman itu, ia pun meyakini bahwa setiap orang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Kekuatan yang berasal dari ketidakberdayaan (power of powerless).

“Itu adalah talenta yang bisa dimiliki oleh tiap orang. Saya meyakini kalau kita yakin penuh pada Tuhan, maka apapun masalah dan penyakit kita bisa disembuhkan. Kekuatan itu justru berasal dari ketidakberdayaan kita,” ujar Andreas FK.


Dari situlah ia mencoba menolong orang lain dengan terapi relaksasi. Terbukti, banyak orang disembuhkan, berbagai masalah terselesaikan, harapan hidup yang tadinya sirna kini muncul kembali.

“Tuhan itu sungguh luar biasa. Ia memberi kesembuhan, bahkan disaat kita benar-benar tak berdaya. Asal kita mau membuka hati dan yakin penuh akan kuasa-Nya,” kata Andreas FK yang juga dikenal sebagai pengacara ini.

Sederhana

Terapi relaksasi yang diterapkan Andreas FK begitu sederhana, bahkan tidak membutuhkan waktu lama.

Terlihat perbedaan raut wajah dari sebelum dan sesudah ikut terapi healing deep relaxation

Andreas FK menjelaskan, biasanya ia memulai terapi dengan mengatur pernapasan. “Saya selalu minta Klien (orang yang diterapi) menarik nafas pelan-pelan dari hidung, menahan beberapa detik, lalu perlahan mengeluarkan lewat mulut sambil tersenyum. Itu saja, kalau benar dijalankan, sudah bisa memberikan kita ketenangan hati,” ujar Andreas FK.


Dilanjutkan dengan membuat pasien serileks mungkin (relaksasi). Sebab, dalam keadaan rileks, maka secara perlahan kesembuhan bisa terjadi dengan sendirinya.

Dr. Andreas FK bersama peserta pelatihan di USA

“Dalam keadaan rileks tingkat tinggi, maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin,” kata Andreas FK.

Secara medis, hormon endorfin adalah zat kimia yang diproduksi sendiri oleh tubuh dan memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, atau bahagia. Hormon yang terdiri dari neuropeptida opioid endogen ini diproduksi oleh sistem saraf pusat dan kelenjar hipofisis.


Ini sejalan dengan Firman Tuhan yang berkata, “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tapi semangat yang patah merapuhkan tulang”.

Andreas FK menambahkan, “Yakinlah, kesembuhan akan jadi milik kita. Ketika keyakinan muncul, maka kesembuhan pun terjadi. Hanya dibutuhkan keyakinan baik kepada Tuhan dan diri sendiri, pemulihan pasti terjadi”.

Secara rutin, Andreas FK melayani Klien di rumah sakit, baik itu diminta secara khusus atau tidak, juga ditempat-tempat lain bila diinginkan Klien. Dibantu sejumlah stafnya, terapi relaksasi ini telah memberi kesembuhan dan perubahan hidup bagi banyak orang.


Adakan training

Keyakinan Andreas FK bahwa setiap orang memiliki kekuatan untuk memulihkan, maka ia pun berinisiatif membuka pelatihan selama sehari. Ini dimaksudkan agar mereka yang ikut pelatihan bisa memahami potensi yang dimiliki dan mengeluarkannya agar berguna, baik untuk diri sendiri dan orang lain.

“Ya, saya mengadakan training semata agar orang lain mengerti akan anugerah Tuhan dalam dirinya. Potensi itu harus digali agar memberi manfaat. Jadi, setiap orang bisa menjadi ‘dokter’, minimal bagi dirinya sendiri,” seru Andreas FK.

Sudah banyak kesaksian, setelah mengikuti terapi ini sembuh. Seperti yang dialami Harry (89 tahun) yang mengalami sakit di bagian tulang kaki dan tulang belakang yang membuatnya kesulitan berdiri lama.


“Berdiri sebentar saja, saya sudah rasa sakit. Harus buru-buru cari tempat duduk karena khawatir jatuh,” ungkapnya.

Namun, setelah diterapi oleh Dr. Andreas FK tubuhnya pulih, tulang-tulangnya sudah kuat menopang tubuhnya. “Semenjak diterapi, saya rasa tulang saya semakin kuat. Saya coba berdiri lama, tapi tidak masalah,” ujarnya.

Hal serupa dialami istri dari salah satu pejabat tinggi di militer yang sekian lama mengalami vertigo. Karena sakitnya yang luar biasa sampai matanya mengecil.

Saat diterapi, dalam keadaan rileks, keluar banyak cairan seperti air mata. Setelah itu, ia merasa tidak sakit. Bukan hanya di saat itu saja, namun setelah itu, vertigonya sudah benar-benar hilang. Matanya pun sudah normal, tidak kecil sebelah lagi.


Demikian juga pengakuan Sebastien Francois warganegara Perancis yang mengalami stres karena anaknya diculik, sehingga membuatnya tidak bisa tidur berhari-hari.

Ketika menjalani terapi, bukan saja ia bisa tidur, namun selang 2 hari pasca diterapi oleh Dr. Andreas FK, anak laki-lakinya kembali dalam keadaan sehat.

Serangkaian pengalaman diatas melukiskan metode terapi Healing Deep Relaxation Therapy ini cukup efektif, tidak hanya mampu menyembuhkan beragam penyakit, tapi juga mengatasi berbagai persoalan hidup.


Andreas FK meyakini, kuasa Tuhan luar biasa, dan itu ada dalam diri setiap manusia. Berbagai hal bisa dipulihkan, penyakit, beban persoalan hidup, rasa putus asa, kecemasan, kuatir akan masa depan, mencari kesuksesan, dan lainnya.

Sekarang kembali pada diri masing-masing. Tuhan sudah siapkan metode terbaik yang ada dalam diri kita, tinggal bagaimana menggalinya saja, memaksimalkan sehingga berdayaguna.

Intinya, tidak ada kata terlambat, demi keadaan yang lebih baik. Biarkan kuasa Tuhan nyata dalam diri Anda. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai terapi ini bisa disampaikan melalui acomm31@yahoo.com. (*)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.