Breaking News

Mendikbud Apresiasi Brigham Young University Singers Tampil Sukses Bawakan Lagu Daerah dan Nasional Indonesia

Brigham Young University Singers berfoto bersama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Muhadjir Effendy

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof Dr Muhadjir Effendy kagum dan mengapresiasi penampilan spontan dari Brigham Young University (BYU) Singers usai menyanyikan Lagu Nasional Indonesia berjudul “Rayuan Pulau Kelapa” dihadapannya secara langsung di Ruang VIP Lounge, Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018.

“Saya sangat mengapresiasi performa kalian,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof Dr Muhadjir Effendy kepada seluruh personil BYU Singers.

Selain itu Muhadjir juga sempat menanyakan apakah mereka mengerti arti dari lagu tersebut.

Dengan tersenyum, para personil BYU Singers menggelengkan kepala pertanda tidak tahu. Namun mereka ingin sekali tahu dari menteri arti dari lagu tersebut.

Muhadjir pun menjelaskan secara singkat bahwa lagu tersebut berkisah tentang Tanah Air Indonesia yang disebut juga sebagai pulau kelapa yang amat subur.

Conductor BYU Singers Dr. Andrew Crane menyatakan kesukaannya akan lagu “Rayuan Pulau Kelapa”. Kata Andrew kepada Menteri Muhadjir, “Ini adalah lagu (Rayuan Pulau Kelapa) yang indah”.

Disambut Histeris penonton

Sebelum tampil dihadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr Muhadjir Effendy, Penampilan BYU Singers juga disambut histeris para penonton usai menyanyikan empat lagu dalam acara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Hall Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018.

BYU Singers saat itu memang diundang khusus oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk tampil dalam peringatan Hardiknas yang jatuh setiap tanggal 2 Mei.

Ada empat lagu dinyanyikan BYU Singers yang merupakan lagu daerah dan nasional Indonesia. Dua lagu nasional yaitu Ibu Pertiwi dan Rayuan Pulau Kelapa. Sedangkan dua lagu daerah adalah Hela-Hela Rotane (Maluku) dan Luk-luk Lumbu (Banyuwangi).

Para penonton yang kebanyakan anak-anak SD yang turut mengikuti peringatan Hardiknas tersebut, begitu histeris dengan penampilan BYU Singers yang berasal dari Amerika, oleh karena mampu menyanyikan lagu-lagu dengan lafal Bahasa Indonesia dan bahasa daerah dengan sempurna.

Penasihat II Residence Pasak Jakarta, Gereja Yesus Kristus Dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, Sugianto, menjelaskan kepada para wartawan kehadiran BYU Singers pada acara Hardiknas ini adalah undangan khusus setelah beraudiensi dengan Kemendikbud.   

“BYU Singers datang ke Indonesia melakukan Tour Asia- Indonesia 2018 meliputi Bandung, Solo, Yogyakarta dan Bali. Di Jakarta, selain tampil di Kemendikbud, mereka juga akan tampil di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan,” jelas dia.

Lebih jauh Director Public Affairs Indonesia, Gereja Yesus Kristus Dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, Agus Kusmanto, mengatakan Tour Asia- Indonesia 2018 sebetulnya diadakan juga dalam rangka Dies Natalis Ke-33 BYU Singers.

Dan BYU Singer, lanjut Agus, mempersiapkan Tour Asia- Indonesia 2018 di Kemendikbud ini terbilang singkat yakni dalam waktu dua minggu.

“Mereka tentunya mempelajari terlebih dahulu Bahasa Indonesia. Mereka memang betul-betul profesional dalam setiap penampilannya,” ujar dia.

Menurut Agus, setelah tampil siang ini di Kemendikbud, BYU Singers melanjutkan penampilannya pada malam hari berkolaborasi dengan Batavia Madrigal Singers menyanyikan lagu-lagu umum.

“Kalau di Bandung, selain menyanyikan lagu umum, BYU Singers berkolaborasi dengan Paduan Suara Maranatha menyanyikan lagu rohani. Di Solo karena diadakan di gereja maka akan dibawakan lagu rohani. Mereka akan tampil eksklusif dalam Kebaktian Devotional dan Konferensi Pasak Gereja Yesus Kristus Dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir pada Minggu, 6 Mei 2018 di Conference Room Hotel Novotel. Sedangkan di Insitut Seni Indonesia akan dibawakan lagu umum,” urai dia.

“Di Yogyakarta, BYU Singers juga akan mengunjungi Pusat Rehabilitasi Yakkum guna mengingkuti Workshop Kerajinan tangan,” tambah dia.

Tentang BYU Singers

BYU Singers merupakan ansambel paduan suara yang menampilkan dan
membawakan alunan musik dari berbagai macam periode zaman dan budaya.

Dari musik motet zaman Renaisans hingga musik spiritual Afrika-Amerika, kelompok paduan suara ini menghadirkan lantunan semua jenis musik serta berbagai macam karya orisinal yang diciptakan atau diaransemen untuk paduan suara.

BYU Singers telah tampil di beberapa aula konser yang paling bergengsi di dunia, termasuk Carnegie Hall di Kota New York; Kennedy Center di Washington, D.C.; Sydney Opera House dan Balai Kota di Sydney, Australia; Kapella di St. Petersburg; Musikverein di Wina; dan Walt Disney Concert Hall di Los Angeles.

Juga, BYU Singers telah tampil pada Konferensi Biennial 2017 dari The National Collegiate Choral Organization (NCCO) di Baton Rouge, Louisiana. Pada tahun 2006, mereka menyanyikan lagu di konferensi
perdana NCCO.

Paduan suara ini baru saja menyelesaikan tur Amerika Serikat mereka di Arizona pada tahun 2016 dan tour tambahan mereka di Tiongkok pada musim semi tahun 2015.

Dalam periode 21 hari, kelompok ini tampil di sembilan kota yang berbeda dan bekerja sama dengan berbagai universitas dan komunitas paduan suara, dengan memberikan lokakarya dan berkolaborasi dalam pertunjukan bersama di Tiongkok.

BYU Singers telah melakukan perjalanan tur mereka di Amerika Serikat dan 27 negara lainnya, termasuk Rusia, Jerman, Swiss, Italia, Inggris, Mesir, Australia, Ghana, Irlandia, dan Afrika Selatan.

Pada tahun 2009, paduan suara ini ikut serta dalam acara Cork International Choral Festival di Irlandia, di mana mereka menerima Audience Favorite Award, yang disponsori oleh organisasi P.E.A.C.E. Setelah festival tersebut selesai, mereka tampil di kota-kota lainnya di Irlandia, Inggris, dan Wales.

Pun, paduan suara ini, telah diundang untuk mempersembahkan tiga konser dengan Israeli Chamber Orchestra di Israel.

Selain itu, BYU Singers juga telah diundang untuk mempersembahkan penampilan mereka beberapa kali dalam konferensi regional dan nasional dari American Choral Directors Association.

Kelompok ini merupakan satu dari dua paduan suara yang dipilih untuk mewakili Amerika Serikat pada acara Fourth World Symposium on Choral Music di Sydney, Australia, dan mewakili Amerika Serikat lagi di
Olimpiade Musim Dingin 2002 di Salt Lake City

Sutradara paduan suara, Dr. Andrew Crane, merupakan lulusan BYU dan memimpin kelompok paduan suara ini pada awal musim 2015.

Dr. Crane merupakan sutradara BYU Singers pertama yang baru dalam jangka waktu 31 tahun terakhir. Di bawah arahannya, paduan suara ini telah tampil dan diundang di berbagai acara konferensi American Choral Directors Association dan National Association for Music Education dan telah memenangkan berbagai macam hadiah utama dalam kompetisi internasional.

(OK-1/Vic)

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
UA-102499644-1
%d blogger menyukai ini: