Breaking News

Pengukuhan DPP GAMKI 2019-2022, Ketua MPR Bambang Soesatyo Ajak ‘Bumikan’ lagi Nilai-Nilai Pancasila  

Pengukuhan DPP GAMKI 2019-2022

OnlineKristen.Com – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengajak segenap seluruh masyarakat untuk membumikan lagi nilai-nilai Pancasila di tanah air. Diantaranya dengan menghidupkan lagi pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan bagi para pelajar.

“Saya setuju jika nilai-nilai Pancasila harus dibumikan lagi di tanah air. Usulan agar pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mesti dihidupkan kembali menjadi mata pelajaran bagi  anak-anak kita. Jika tidak kita akan tergerus oleh budaya luar yang tidak kita kenal,” ujar Bambang Soesatyo memberikan kata sambutan dalam Pengukuhan DPP GAMKI di Graha Oikumene PGI, Jakarta, 11 Oktober 2019. 




Menurut Bambang, membumikan kembali Pancasila menjadi begitu penting manakala melihat aksi unjuk rasa belakangan ini. 

“Saya seperti tidak berada di Indonesia ketika membaca pamflet dan poster yang mereka bawa dalam demonstrasi. Rasanya saya tidak lagi tinggal di bumi pertiwi. Bayangkan, mereka berani pajang poster demo yang selama ini dianggap tabu. Itu jelas-jelas sudah melampaui batas-batas adat ketimuran bangsa kita,” urai dia. 

Baca Juga : Menteri dan Bupati akan Berikan ‘Nutrisi’ Pemikiran kepada Pemuda Kristen di Kongres GAMKI XI

“Karena itu aktualisasi nilai-nilai ideologi Pancasila penting untuk terus dihidupkan agar Pancasila menjadi jiwa inspirasi seluruh pengaturan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” imbuh dia. 




Hal senada diutarakan Ketua Umum DPP GAMKI 2019-2022, Willem Wandik, S.Sos, yang mengatakan empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI) yang menjadi materi penting dalam setiap kegiatan lembaga MPR RI, juga panduan penting dalam sistem ketatanegaraan dan dalam merawat rumah besar bersama bernama Indonesia.

Meski begitu, Willem yang juga Anggota DPR dari Dapil Papua Barat ini mengkritisi masih adanya gereja yang belum mendapatkan kebebasan di Negara Pancasila. 

Baca Juga : KETUM GAMKI OPTIMIS, KEDEPAN, PEMILIH LEBIH KEDEPANKAN RASIONAL DIBANDING EMOSIONAL

Seluruh rakyat Indonesia, lanjut dia,  mengklaim dirinya sebagai masyarakat yang Pancasilais, yang menempatkan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagai filosofi dasar negara pertama, mendahului prinsip negara yang lain. 




“Sebab itu, tidak boleh ada seorang warga negara pun di republik ini, yang tidak dapat menjalankan keyakinan beragamanya, untuk mendirikan gereja dan untuk menyembah Tuhan di dalamnya,” pungkas Willem.

Prosesi Pengukuhan DPP GAMKI 2019-2022 dimulai dengan ibadah dipimpin oleh Pdt Dr Ronny Mandang (Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia).

Baca Juga : Dies Natalis GAMKI Ke-56, Ketum GAMKI: “Era milineal, Pemuda Berpikir Out The Box dan Lakukan Business Not As Usual”

Usai ibadah, Sekum DPP GAMKI, Sahat MP Sinurat, ST, MT, membacakan surat keputusan kepengurusan DPP GAMKI dan dilanjutkan doa pengutusan oleh Pdt Ronny Mandang. 




Prosesi pengukuhan diakhiri dengan penyerahan bendera pataka organisasi dari Ketum demisioner Dr Michael Wattimena kepada Ketum terpilih Willem Wandik, S.Sos dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
UA-102499644-1
%d blogger menyukai ini: