GBI Luncurkan Buku Milestone, Pdt Rubin Adi: Tidak Ada Pernikahan yang Cocok

GBI Luncurkan Buku Milestone, Pdt Rubin Adi: Tidak Ada Pernikahan yang Cocok

- in GEREJA DAN MINISTRY
1712
0
Buku MilestonePeluncuran Buku Milestone

OnlineKristen.com || Departemen Pembinaan Keluarga BPP GBI meluncurkan buku berjudul “Milestone” dalam acara “Milineal Summit” yang digelar secara Hybrid dan terpusat di NDC Central Park, Jakarta, pada Sabtu, 29 Januari 2022.

Buku yang berisi pengalaman-pengalaman para pasangan muda Kristus dalam pernikahan 0 hingga 15 tahun ini ditulis oleh 12 penulis muda.

Ketua Umum Sinode GBI Pdt Dr Rubin Adi Abraham, dalam sambutannya, mengutarakan dirinya sangat senang sekali atas terbitnya buku Milestone ini.

“Saya senang sekali atas terbitnya buku ‘Milestone’ yang berisi pengalaman pernikahan keluarga-keluarga muda dengan berbagai tantangan dan kesaksiannya ini,” ujarnya via zoom.

Baca juga: Ketum GBI Pdt Klarifikasi Kartu Anggota Muhammad Kace dan Saksi Ahli Terima 50 Juta



“Buku ini sangat bermanfaat bagi banyak keluarga-keluarga muda. Juga, bagi keluarga yang mungkin mengalami pergumulan bisa mendapatkan jawaban melalui buku ‘Milestone’ ini,” tambah dia.

Menurut Rubin, dirinya meyakini tidak ada pernikahan yang cocok. “Yang ada pernikahan yang tidak cocok yang dicocok-cocokkan terus sampai cocok dengan pertolongan Tuhan,” jelas dia.

“Itu juga yang harus kita alami dalam pernikahan. Bukan hanya pada usia pernikahan muda dini tetapi sampai seterusnya kita belajar mencocokkan diri,” imbuhnya.

Rubin percaya bahwa kasih dan keharmonisan adalah sesuatu yang harus diupayakan di dalam kehidupan dan tidak tumbuh dengan sendirinya.

Baca juga: Kabar Pendeta Jadi Saksi Ahli Persidangan Kasus Muhammad Kace Terima Uang 50 juta, GBI: Itu Hoax!



“Banyak orang muda memasuki pernikahan tetapi mereka menganggap bahwa kalau sudah mengucapkan janji nikah, ke depan mereka akan pasti langgeng selamanya pasti bahagia. Justru tidak demikian,” urai dia.

“Kasih dan keharmonisan harus diusahakan sungguh-sungguh. Dan tujuan kita menikah sebetulnya bukan mencapai kebahagian tapi menjadi dewasa bahkan lebih serupa seperti Kristus,” lanjutnya.

Menurut Rubin, kalau tujuan menikah ingin membahagiakan istri atau suami, pada akhirnya nanti keduanya saling menuntut dan berkata,” Hai, suami kamu harus bahagiain saya, hai istri kamu harus bahagiain saya, maka justru kebahagiaan akan berlari menjauh. Tetapi kalau suami semakin taat kepada Firman dan serupa Kristus, istri juga demikian, maka kebahagian akan diberikan Tuhan kepada kita sebagai bonus.”

Baca juga: Wali Kota Depok Resmikan GBI Cimanggis



Pdt Gilbert Lumoindong, Ketua Departemen Pekabaran Injil Sinode GBI, juga mengucapkan selamat untuk peluncuran buku Milestone yang berisi kisah-kisah inspiratif dari 12 pasangan muda dengan coach yang luar biasa ini.

“Karena itu izinkan saya juga mengucapkan selamat untuk Departemen Pembinaan keluarga. Buku ini salah satu bahan penting untuk memberikan inspirasi tentang keluarga. Izinkan saya mengingatkan pasangan muda untuk tetap semangat karena rumah tangga itu pasti ada yang salah,” tutupnya.

Sebelum peluncuran buku, digelar diskusi bertajuk Connecting Generations dengan pembicara Pdt Jarot Wijanarko dan Pdt Jaliaman Sinaga.

Baca juga: PANDANGAN GBI TENTANG COVID-19



Kepala Biro Pernikahan Departemen Keluarga GBI, Pdt Jaliaman Sinaga MDiv, menuturkan pernikahan dirancang Allah sejak awal sebagai satu-satunya institusi di bawah kolong langit ini untuk menjadikan manusia bertumbuh bersama, saling berinteraksi satu sama lain sehingga mereka berkembang menjadi dewasa (berbuah-buah).

“Buku testimoni keluarga milenial ini menjadi sangat berharga karena pembaca bisa memperoleh pengalaman unik masing-masing kontributor tentang hidup pernikahan dan keluarga mereka yang notabene mereka adalah orang berdosa yang telah dipersatukan dalam pernikahan kudus dan mengalami proses bertumbuh menuju pendewasaan dengan iman dalam Yesus Kristus oleh pertolongan Kuasa Roh Kudus,” kata dia.

Setelah diskusi, penampilan Livana dan Luven yang menyanyikan lagu “Pemulihan Keluarga” dan dilanjutkan Jazzlyn, Charity, Calista, Nathan yang menarikan “Kami dan Seisi Rumah Kami” menambah semarak acara tersebut.

Baca juga: Surat Pastoral GBI Terkait Pandemi Covid-19: JANGAN KAITKAN COVID-19 DENGAN NUBUATAN AKHIR ZAMAN



buku milestone
Pemaparan Isi Buku Milestone oleh 12 Penulis Muda GBI

Penyerahan Simbolis Buku “Milestone” ditandai dengan pembukaan tirai dummy besar cover buku dan dilanjutkan dengan pemaparan singkat isi buku oleh 12 penulis (9 penulis onsite, 3 orang via Zoom).

Di akhir acara, Ketua Bidang Keluarga Milenial Pdm Yehuda So, berharap Buku Milestone ini bisa menjadi Connecting Generation yang memberikan warisan iman dari generasi ke generasi, membangun hubungan antar generasi, dan menjaring keluarga muda milenial yang takut akan Tuhan.

Sebelum ditutup doa melalui zoom, Pdt DR Ir Niko Njotorahardjo (Gembala Induk GBI Jl Jend Gatot Subroto, Jakarta) menyampaikan ada pakar pembinaan keluarga yang mengatakan “5 tahun pertama adalah masa ujian apakah pernikahan mereka akan berlanjut atau kandas ditengah jalan.”

Baca juga: BPH GBI Berikan Arahan Kepada Jemaat Terkait 3 Kegiatan GBI ini Untuk Periksa COVID-19



“Tentu sebuah pernikahan Kristen tidak boleh kandas ditengah jalan. Untuk mencegah kandasnya pernikahan itu maka pasangan muda harus banyak belajar dan puji Tuhan bahwa sekarang ada buku khusus untuk mereka dapat belajar,” terang dia.

“Saya sangat mengapresiasi usaha menerbitkannya dan mendorong pasangan muda membaca, membahas, merenungkan dan mempraktekkan buku yang telah diusahakan oleh Departemen Pembinaan Keluarga BPH GBI ini,” pungkas Pdt Niko.

(Victor)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like

DPD RI Gelar Prosesi Penyerahan Jenazah Pendeta WTP Simarmata

OnlineKristen.com || Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar