Breaking News

Terpilih di Konperda, Dua Jurnalis Pimpin DPD GAMKI DKI Jakarta

OnlineKristen.Com – Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (GAMKI DKI Jakarta) telah merampungkan proses pemilihan kepengurusan untuk periode kepengurusan 2019-2022.

Perhelatan Konperensi Daerah Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (Konferda DPD GAMKI DKI Jakarta) telah digelar di Aula Yakoma PGI, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada Sabtu 20 Juli 2019.




 

Perhelatan ini diikuti oleh peserta GAMKI dari tingkat wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Selatan. Selain para pengurus Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPC GAMKI) se-Jakarta Raya, Konperda DPD GAMKI DKI Jakarta juga diikuti oleh kaum muda Kristen Jakarta, dan perwakilan lembaga-lembaga kekristenan di wilayah Jakarta.

Yang terpilih sebagai Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta Periode 2019-2022 adalah mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Jakarta (GMKI Jakarta) Jhon Roy Pangibulan Siregar dengan Sekretaris DPD GAMKI DKI Jakarta terpilih Richard Manahan Saragi Rumahorbo, juga mantan aktivis GMKI Jakarta.

Jhon Roy P Siregar juga pernah menjadi fungsionaris Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI).




 

Pria yang kini bekerja sebagai Jurnalis di Harian Rakyat Merdeka (Jawa Pos Grup) ini mengajak seluruh elemen gereja, pemuda dan mahasiswa di DKI Jakarta untuk bergandengan tangan membangun diri, membangun jejaring dan berkehidupan yang tidak rasis di Jakarta.

Sedangkan Richard Manahan Saragi Rumahorbo juga bekerja sebagai Jurnalis di Media Sinar Keadilan.

Keduanya berasal dari latar belakang aktivis mahasiswa dan juga dari dunia profesi yang sama, sebagai jurnalis.




 

Menurut pria yang kini juga masih menjabat sebagai Wakil Ketua Forum Wartawan Kejaksaan Agung (Forwaka) ini, Jakarta sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus terbebas dari anasir-anasir gerakan yang mengandalkan radikalisme, rasisme, dan menghabisi isu perbedaan Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).

“Apalagi di tahun-tahun politik yang baru saja kita lalui bersama, sangat terasa sekali adanya kesenjangan komunikasi di antara entitas masyarakat DKI Jakarta. Isu SARA sangat menonjol dalam perhelatan politik Ibukota, bahkan Indonesia. Ini harus dihentikan. Kaum muda di Jakarta, khususnya kaum muda Kristen harus mau dan berani untuk menyatakan diri tidak rasis, tidak menonjolkan SARA. Jakarta adalah milik seluruh suku bangsa dan agama. Jakarta sebagai barometer harus menjadi sejuk bagi setiap golongan,” tutur Jhon Roy P Siregar, Minggu (21/07/2019).

Komitmen dan keteguhan tekad kaum muda untuk menjaga Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan NKRI-nya, adalah wujud persaudaraan sesama anak bangsa.




 

“Kita sudahi intrik-intrik busuk yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia. Kaum muda harus berada di garda terdepan meneguhkan dan mewujudkan persudaraan Indonesia, terkhusus di Jakarta. Kita hidup dan tinggal di bawah langit yang sama, dan dinaungi mentari yang sama, sehingga tidak ada alasan untuk memicu SARA sebagai ajang perpecahan,” ujarnya lagi.

Seraya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pengurus demisioner DPD GAMKI DKI Jakarta dibawah pimpinan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Sereida Tambunan dan Richard Willer Pakpahan, Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta yang baru, Jhon Roy P Siregar mengajak semua pihak untuk tidak menyerah dalam membangun komunikasi dan dialog yang beradab serta manusiawi, demi kemajuan warga DKI Jakarta, dan Indonesia.

Selain itu, para senior yang berada di berbagai aras organisasi maupun medan pelayanan dan profesi, juga diharapkan bisa saling merangkul dan saling bekerja sama untuk kemajuan kaum muda Kristen di Tanah Air.




 

Paling tidak, lanjutnya, untuk 7 aras gereja nasional, yang rata-rata memiliki kantor pusat di wilayah Jakarta, hendaknya bisa bersinergi dan menjadi tulang punggung mewujudkan pelayanan Kekristenan di Jakarta yang setara dan beradab.

Konferda GAMKI DKI Jakarta diikuti oleh DPP GAMKI, yakni Ketua Bidang OKK DPP GAMKI Dikson Siringo-ringo dan Plt Sekum DPP GAMKI Putu Timoty Bravo.

Pelayanan Rohani dalam Konperda GAMKI DKI Jakarta ini dibawakan oleh Senior GMKI yang sekaligus salah seorang pendiri GAMKI Mandailing, Pendeta Haposan Sianturi.




 

Dalam pelayanan firmannya, Pdt Haposan Sianturi yang juga pengurus di Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia untuk Wilayah DKI Jakarta (PGIW Jakarta) menekankan pentingnya kaum muda yang menjadi tulang punggung pelayanan kekristenan di Ibukota.

“Jangan ragu, melayani dengan sungguh, dan teruslah berbuat kebaikan, berbuat sesuatu yang berguna bagi masyarakat Indonesia,” tutur Pdt Haposan Sianturi.

Mewakili lembaga-lembaga keumatan lainnya, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia DKI Jakarta (DPD PIKI) Sandi Ebenezer Situngkir menyampaikan, kesatuan hati dan kebulatan tekad masing-masing lembaga kekristenan di Jakarta, yang dikenal dengan Wali Songo.




 

Wali Sogo itu yakni Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI), Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Perkumpulan Wanita Kristen Indonesia (PWKI), Gerakan Siswa Kristen Indonesia (GSKI), Badan Pendidikan Kristen, Organisasi Pekerja Kristen, dan Partai Kristen Indonesia yang kini berubah menjadi Partisipasi Kristen Indonesia (Parkindo).

“Kalau wali sogo kita bisa bersinergi dan berkomunikasi baik dan saling mendukung, saling menopang dalam satu pelayanan yang bersinergi, maka banyak hal yang bisa kita lakukan untuk gereja, untuk masyarakat, serta bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai ini, termasuk di Jakarta, Ibukota Negara kita ini,” tutur Sandi Ebenezer Situngkir.

Di akhir Konperda GAMKI DKI Jakarta, forum juga merekomendasikan sejumlah nama, untuk maju dan bertarung di Kongres GAMKI yang dipersiapkan akan digelar dalam bulan Agustus 2019 di Jakarta.




 

DPD GAMKI DKI Jakarta merekomendasikan Bob Andika Mamana Sitepu untuk bertarung sebagai calon Ketua Umum DPP GAMKI di Kongres GAMKI mendatang.

Pria muda yang merupakan politisi PDIP ini dianggap mumpuni dan mau memajukan kaum muda Kristen Indonesia.

Bob Andika Mamana Sitepu terpilih sebagai anggota DPR RI Periode 2019-2024 dari Partai PDIP dengan daerah Pemilihan Sumut 3.




 

Selain Bob Andika Mamana Sitepu, Forum Konperda GAMKI DKI Jakarta juga merekomendasikan Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta, yang juga politisi PDIP dan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Sereida Tambunan untuk juga maju sebagai Calon Ketua Umum DPP GAMKI di Kongres mendatang.

Selanjutnya, rekomendasi yang sama juga diberikan kepada Sandi Ebenezer Situngkir, Sekretaris DPD PIKI DKI Jakarta, yang juga Fungsionaris DPP PDIP, untuk maju sebagai calon Ketua Umum DPP GAMKI.

Sedangkan dari internal DPP GAMKI, forum Konperda GAMKI DKI merekomendasikan Ketua Bidang OKK DPP GAMKI Dikson Siringo-ringo dan Plt Sekum DPP GAMKI Putu Timoty Bravo untuk maju sebagai calon Ketua Umum DPP GAMKI di Kongres GAMKI mendatang.




 

Untuk posisi Sekretaris Umum (Sekum) DPP GAMKI mendatang, forum Konperda GAMKI DKI Jakarta fokus mendukung Wakil Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta Hendrik Sinaga.

Hendrik Sinaga dikenal sudah malang melintang di pergerakan GMKI dan GAMKI, sejak masih menjadi mahasiswa di Bandung, Jawa Barat.

“Saudara Hendrik Sinaga, kita dukung dan dorong sebagai Calon Sekum DPP GAMKI di Kongres GAMKI. Beliau sangat mumpuni,” tutur Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta, Jhon Roy P Siregar.




 

Sebelumnya, pada Sabtu 13 Juli 2019, bertempat di GPIB Imanuel, Gambir, Jakarta Pusat, GAMKI se-DKI Jakarta telah menggelar Konperensi Cabang Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI DKI Jakarta) secara serentak dari 5 wilayah.

Telah terpilih pula Ketua DPC GAMKI di masing-masing wilayah itu. Mereka adalah, Ketua DPC GAMKI Jakarta Pusat, Richard Panggabean, Ketua DPC GAMKI Jakarta Barat Roni Rolas Sipahutar, Ketua DPC GAMKI Jakarta Utara Nando Tornando Togatorop, Ketua DPC GAMKI Jakarta Selatan Yolanda Munte dan Ketua DPC GAMKI Jakarta Timur Togu Nainggolan.***

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
error: Content is protected !!
UA-102499644-1
%d blogger menyukai ini: